Penyebab Kulit Kusam dan Penuaan Dini

       Kondisi kulit yang kusam bisa memicu terjadinya penuaan dini. Biasanya, penuaan dini ini memang berawal dari kondisi kulit yang kusam kemudian dibiarkan berlarut sehingga timbullah beberapa tanda-tanda penuaan dini yang lain seperti muncul garis-garis halus pada wajah dan lain sebagainya. Agar tahu bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya kita kenali terlebih dulu apa saja penyebab kulit menjadi kusam dan penuaan dini berikut ini: 

  1. Gaya Hidup

     Dilansir dari lifequal.com, menurut Dr. Bambang Dwipayana SpKK gaya hidup memiliki andil besar sebagai penyebab terjadinya kulit kusam dan penuaan dini. Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup tidak sehat. Misalnya, asal memilih menu makanan, mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan, kurang minum air putih, terlalu banyak minum minuman manis, kurang istirahat, stres, dan jarang berolahraga. Beberapa hal itu dipercaya dapat membuat kulit perlahan kehilangan kelembaban serta kekenyalannya. Akibatnya, kulit akan tampak kusam dan kendor sehingga menimbulkan garis-garis halus kerutan di wajah.

  2.  Air Putih

    Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk kulit. Air putih berfungsi sebagai detoksifikasi sehingga dengan mengonsumsi 2 liter air putih setiap hari dapat melancarkan pembuangan racun dari dalam tubuh*. Efeknya, kulit pun tampak lebih segar dan bersih karena racun-racun dalam tubuh keluar. Di samping itu, air putih juga membantu menjaga kelembaban kulit dan kekenyalannya. Jadi, kulit kusam dan penuaan dini itu bisa muncul bila kita kurang minum air putih. Oleh karena itu, jangan biarkan dehidrasi terjadi karena bukan hanya tubuh yang akan bermasalah, kulit kita pun akan menjadi kusam dan cepat tua.

  3.  Waktu Tidur yang Kurang

      Berapa lama durasi tidur Ladies setiap hari? Dilansir dari Klikdokter.com, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 jam. Durasi tidur yang kurang dari 7 jam akan memberikan efek tidak baik pada tubuh, misalnya membuat kulit tampak kusam. Ini terjadi karena proses regenerasi sel-sel kulit akan terjadi selama kita tidur. Durasi tidur yang kurang membuat regenerasi sel-sel kulit tersebut terganggu. Selain efek kulit menjadi kusam, kurang tidur akan membuat mata tampak lelah. Pada efek yang lebih parah lagi akan timbul lingkaran hitam di bawah kelopak mata yang kemudian menimbulkan garis kerut di sekitar mata. Akhirnya, bukan hanya wajah kusam yang kita dapatkan dari waktu tidur yang kurang, tetapi penuaan dini pun akan terjadi.

  4.   Stres

       Salah satu faktor penyebab kulit kusam dan penuaan dini adalah stres. Saat stres, biasanya garis-garis halus akan timbul. Timbulnya garis-garis halus tersebut disebabkan oleh kondisi kita yang berpikir terlalu keras. Semakin sering mengalami stres, maka garis-garis halus tersebut akan semakin dalam sehingga semakin tampak jelas. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pijatan halus pada wajah setiap pagi dan sore. Tidak perlu waktu yang lama, cukup 15 menit saja.

  5.   Paparan Cahaya Matahari

    Terlalu sering terpapar cahaya matahari pada siang hari bisa merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, kulit akan tampak kusam karena perlahan kehilangan kekenyalan dan kelembabannya. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies selalu melindungi kulit dengan pelembab wajah ber-SPF agar dampak buruk paparan cahaya matahari dapat diminimalisir.

Setelah tahu apa saja penyebab kulit kusam dan penuaan dini, kini Ladies harus mulai melakukan pencegahannya. Ladies bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat serta menambahkan aktivitas yang menunjang kesehatan kulit mulai dari sekarang. 

*) Disclaimer: Hasil dapat bervariasi tergantung individu

Artikel Terbaru

Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

Apakah yang lebih sulit dari menghilangkan jerawat? Menghilangkan bekasnya. Menghilangkan jerawat

Awet Muda dengan Pomegranate

Pomegranate merupakan buah yang pada mulanya tumbuh di Afghanistan kemudian tersebar ke hampir

Penyebab Kulit Kusam dan Penuaan Dini

       Kondisi kulit yang kusam bisa memicu terjadinya penuaan dini. Biasanya,

Goji berry: Perawat Alami Kulit

           Ladies yang sering memperhatikan kesehatan kulit pasti